Senin, 13 Desember 2010

Pentingnya Proposal Hidup

Ketika kita mendengar kata proposal, maka yang akan terbayang di dalam pikiran kita adalah event, bisnis, penelitian, kegiatan, atau bisa jadi pernikahan. Ya, bisa dimaklumi bila banyak orang yang berpikiran seperti itu. Hal ini dikarenakan,proposal hanya ditemui pada hal-hal tersebut.

Sebuah acara, bisnis, kegiatan, penelitian, pastilah membutuhkan proposal di awal sebelum terjun ke lapangan. Bisa dibayangkan, apa jadinya suatu acara bila tanpa proposal. Kalau targetannya hanya berjalan, ya pasti akan berjalan, sama seperti air yang mengikuti arus. Tapi, apakah kita akan tahu acara kita teroganisir dengan baik, mencapai targetan, berapa dana yang akan dikeluarkan, apa yang harus dilakukan bila ada kejadian-kejadian tak terduga, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pertanyaan ini hanya akan mendapat jawaban-jawaban spontan, bukan jawaban yang sudah dipersiapkan dengan matang. Acara yang sudah dibuat proposal saja, sering kali mengalami kegagalan dari rencana di awal karena banyak hal. Apalagi acara yang tidak dipersiapkan proposalnya. Itu baru acara yang hanya diselenggarakan dalam hitungan hari, Belum lagi bisnis, penelitian, dan lain sebagainya.

Kalau acara, bisnis, penelitian yang merupakan sebagian kecil dari kehidupan saja sangat membutuhkan proposal, apalagi hidup ini. Kehidupan yang sedemikian kompleksnya, dan berlangsung untuk puluhan tahun, pastilah dibutuhkan sebuah proposal, yang disebut Proposal Hidup. Proposal hidup mutlak ADA, bagi seseorang yang memang menghargai hidupnya. Seorang yang memang paham dari makna hidup ini pasti akan menemukan motivasi untuk membuat proposal hidupnya dan segera merealisasikan proposal hidupnya dalam bentuk nyata.

Memang bukan suatu jaminan, bahwa akan ada kepastian bila kita sudah membuat proposal hidup maka semua yang kita inginkan akan tercapai. Tapi akan jadi sebuah kepastian, bila kita belum memiliki rencana untuk hidup kita sendiri maka kehidupan kita tak ubahnya seperti air yang ikut kemana arus mengalir. Syukur kalau mengalirnya ke lautan luas atau samudera. Tapi bagaimana bila berakhirnya di septic tank'. Tentu….akan menjadi hal yang sangat tidak diinginkan oleh kita semua.

Semua orang pasti ingin sukses, berhasil, bahagia. Akan tetapi hanya segelintir saja yang benar-benar berusaha untuk menwujudkan hal tersebut. Ibarat hidup adalah sebuah pengembaraan di negeri asing, maka dibutuhkanlah peta yang akan menunjukkan kita arah yang benar dan membawa kita ke tempat yang dituju. Peta itulah yang dimaksud dengan Proposal Hidup. Bisa dibayangkan bila tanpa peta, mungkin kita akan tersesat dan membuat kita terhambat untuk sampai pada tempat yang dituju. Atau bahkan bisa jadi kita tidak akan sampai pada tempat yang dituju karena memang kita tidak tahu kemana tempat yang ingin dituju.

Hidup adalah Pilihan!! Ketika kita sudah memutuskan untuk membuat suatu keputusan, maka secara otomatis, kita akan membayar dari setiap keputusan yang kita ambil. Harga dari keputusan yang diambil tentunya berbeda-beda tergantung keputusan yang kita ambil. Semakin menantang keputusannya makan semakin mahal bayarannya. Akan tetapi tidak perlu khawatir, sesuatu yang dibayar mahal juga akan menghasilkan yang mahal juga bila kita tepat dan melakukan yang terbaik.

Untuk manusia sukses segeralah membuat Proposal Hidup, agar kita bisa tahu tujuan kita, dan Proposal Hidup juga berfungsi sebagai media untuk mengukur keadaan diri baik berupa potensi, skill, prestasi, dan lain-lain.

Segeralah…!!


Ath-Thahirah
"Allahumarzuqna Al Mauta Al Muthaharah"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar